Minggu, 24 Mei 2009

PERSIAPAN PELUNCURAN OBA


Persiapan acara peluncuran OBA Air Minum langsung dihadiri oleh Dirjen Cipta Karya yang disambut antusias oleh masyarakat. Di tengah-tengah kesibukan persiapan teknis, Dirjen melakukan dialog dengan salah satu warga sasaran program OBA. Isi dari dialog tersebut adalah dampak dan manfaat bagi warga dengan program OBA Air minum tersebut.
Warga menyebutkan manfaat dan dampaknya adalah air bersih mudah didapat dan efesien uang maupun waktu, karena selama ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga harus membeli Rp.1000 per 1 derijen dan diangkut dengan gledek karena tempatnya jauh. Dampaknya dapat mengurangi pengeluaran keluarga secara otomatis dapat menabung untuk kebutuhan yg lebih penting.
Sehingga program OBA air minum dapat memberikan manfaat akses air bersih bagi warga miskin sekaligus berdampak pada ekonomi rumah tangga semakin baik. Hal ini sinergis dengan PNPM Mandiri Perkotaan yang bertujuan membangun masyarakat berdaya dengan pemenuhan aset SDM dan kapital, akses informasi dan potensi serta pemenuhan kebutuhan dasar lainnya.
Harapannya kedepan BKM dapat melakukan cenneling/kemitraan dengan pihak-pihak yang dapat diajak kerjasama untuk menyelesaikan sekian banyak permasalahan yang dihadapi masyarakat miskin, karena mustahil bagi keberlanjutan BKM kalau hanya mengandalkan BLM.
Program OBA Air Minum merupakan salah satu contoh bentuk kemitraan yang sangat membantu masyarakat dalam menyelesaikan programnya yang dirumuskan dalam PJM Pronangkis.
Semoga OBA tidak hanya sekedar menjadi proyek percontohan, tapi semangat baru untuk membangkitkan BKM ke arah yang lebih baik...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar